Monday 4 January 2010

Tanaman Sirih Hitam

Akhirnya setelah 1.5 tahun, tanaman sirih hitam yang ditanam di belakang rumah sudah tumbuh sangat lebat. Sekarang jumlah daunnya sudah lebih dari 100 lembar dan merambat lebat di pohon Tabe Buya yang kami tanam sebagai pohon penyangga-nya.

Ternyata, sirih hitam ini bukan tipe tanaman yang suka merambat vertikal, setiap kami lilitkan kembali ke batang pohon penyangganya, selalu saja tunas yang muncul berusaha menjulur ke tanah (bergelantungan menuju tanah). Jadi, tanaman sirih hitam lebih suka menjalar secara horisontal di atas tanah dibanding merayap vertikal di batang pohon penyangga-nya. Akibatnya, ketika batang jalaran dan daunnya sudah lebat, tampilan-nya menjadi tidak rapih dan berantakan (menjadi semak). Padahal tanaman sirih hitam yang saya punya cenderung cepat sekali menjalar kemana-mana. Oleh karena itu, saya berkeinginan untuk memotong beberapa daun2nya dan membuangnya.

Tetapi, dengar2 dari orang2, harga daun sirih hitam ini lumayan tinggi, berkisar antara Rp. 20,000 - 35,000 per lembar daun. Wow saya sendiri tidak tahu apa manfaat daun sirih hitam ini sehingga harganya bisa setinggi itu. Jadi daripada terbuang percuma, mungkin yang membutuhkan daun ini bisa menghubungi saya. Moga2 belum saya potong dan buang. Kan lumayan uang hasil penjualan daun2-nya bisa untuk menanam lebih banyak sirih hitam lagi untuk mereka yang mungkin membutuhkan.

Bapaknya Olga - Didi

17 comments:

dessy natalia said...

sorry mas, saya mau tnya, itu sirih hitam yg ditempat mas masi ada ato engga? bisa saya minta kontak mas?

Olga Wiyar Haksami said...

oh mbak dessy di palembang toh?

mungkin memang jarang tanaman sirih hitam di sana ya?

oke deh kalau nanti saya menemukan tanaman-nya, saya belikan dan kabarin mbak dessy deh.

cheers,

Unknown said...

nama saya taufan,maaf nih bu daun sirih hitamnya masih ada apa ga saya mau beli daunnya bu buat obat tante saya klo boleh tau saya harus hubungi ke mana yaa kebetulan posisi saya di jakarta

Olga Wiyar Haksami said...

mas Taufan,

mohon maaf kebetulan sedang tidak ada mas.. pohon yang difoto sudah kami tebang tahun lalu..

tapi saya baru saja beli lagi bibitnya dari jawa timur tapi masih kecil (daunnya hanya 2 helai), jadi mau saya tumbuhin dahulu..

nanti kalau sudah banyakan saya kabarin mas Taufan deh..

cheers,

Bunda Umel said...

Bgm cara bli sirih hitam,? Trims atas jawabnya

Olga Wiyar Haksami said...

Mbak Paulina,

Banyak kok yang jual sirih hitam. Kalau bisa jangan beli online. Karena kadang2 tidak sesuai ekspektasi (dapatnya sirih hijau).

Seharusnya sirih hitam daunnya lebih kasar dan warnanya hijau cenderung gelap (tapi bukan hitam). Batangnya juga hijau kegelap2an.

Katanya, sirih hitam yang "magis" adalah yg walaupun telah dipetik, daunnya akan tetap gelap (tdk menjadi coklat), nah ini sy gak tahu.. sy menanam untuk keunikannya. Bukan utk magis-nya. Hehehe..

Cheers

wirogyno said...

Maaf bos, saya mau tnya, itu sirih hitam yg ditempat mas masih ada ato engga? bisa saya minta kontak mas?

Olga Wiyar Haksami said...

@mas wirogyno: ada mas.. tapi saya gak tahu apakah ini benar sirih hitam atau bukan.. karena ini baru saya tanam setahun yang lalu beli bibit dari jawa timur.. karena hijaunya tidak segelap yang saya tanam sebelumnya..

anca_tastie said...

Q sekarang lg dpalembang mo cari sirih hitam, lw memang benaran ada tlong info ke nmr saya 085263304377 secepatnya.

Olga Wiyar Haksami said...

@mas.anca: sewaku saya beli sih penjualnya di Malang - Jawa Timur bilang ini sirih hitam.. saya sendiri tidak tahu sirih hitam yang benar yang seperti apa.. hahaha..

Anonymous said...

Jual Sirih Hitam
Cek :
http://olx.co.id/iklan/tanaman-sirih-hitam-IDhZ6HN.html#c140bdd77e

Unknown said...

Sy ada SIRIH HITAM didapat Dr hutan Garut cma selembar lembarnya.silahkan hub 081312026189

Unknown said...

Maaf pak,daun sirih hitamnya msh ada ga?

Unknown said...

Maaf mau tanya apa daun sirih hitam nya msh ada bu?

Olga Wiyar Haksami said...

Masih ada mas.. tapi mau untjk apa ya mas?

Sandra Hamidah said...

Wow kemarin suami menanam semoga bagus, tfs mba

Antowidy said...

Sekarang sudah besar sirih hitam nya Mbak