Thursday 3 December 2009

Klaim Jamsostek

Wuih, setelah sebelumnya bertakut-takut ria klaim jht jamsostek bakalan susah, ternyata salah. Hanya dalam waktu 15 menit (termasuk parkir mobil dan isi form), pengurusan klaim selesai di lakukan. Dan uang-nya pun sudah di transfer dalam waktu 6 hari kalendar ( 4 hari kerja ) saja.

Akhirnya Olga bisa ada tambahan uang untuk beli lemari deh. Soalnya baju2-nya Olga sudah buanyaaakk sekali yang sudah tidak muat dan masih bagus2, jadi masih tetap di simpan deh sama ibu di lemari. Hehehe... rencananya sih mau di kasih ke Adik Kei, lumayan biar Adik Kei bisa gaya seperti kakak-nya.

Oh ya kembali ke klaim jht jamsostek, setelah sudah bekerja 5 tahun dan sudah melewati masa tunggu sampai 6 bulan, akhirnya diputuskan untuk mengambil dana jamsostek (seharusnya hanya 1 bulan jika masa kerja sudah 5 tahun atau lebih). Sebenarnya sih tidak apa2 dana kita tetap disimpan di Jamsostek tapi karena sedang butuh jadinya mau diambil deh (lagipula denger2 ada gosip -belum tentu bener sih- kalo dana jamsostek nantinya tidak bisa di klaim 100% bikin jadi takut). Karena kantor di Cilandak Commercial Estate, jadi-nya bapaknya Olga klaimnya ke Jamsostek jalan R.A. Kartini (arteri TB Simatupang) yang lokasinya di samping kanan Ford Jakarta Selatan. Kalo kita berjalan dari arah kampung rambutan ke pondok indah, lokasinya setelah lampu merah fatmawati di kiri jalan (+/- 100 meter).

Waktu itu bapaknya Olga datang hari Kamis, 26 November 2009 jam 09:00 pas tiba di Jamsostek. Setelah parkir, terus menghadap ke petugas satpam yang berjaga di sebelah kiri pintu lobby untuk di periksa berkas-berkasnya (wah cuman satu nih satpamnya, kalo lagi rame gimana ya?).

Berkas2 yang diperiksa (tidak lupa juga bawa MATERAI Rp. 6,000 satu buah):
1. Kartu Jamsostek (asli + 1 fotocopy)
2. KTP (asli + 1 fotocopy)
3. Kartu Keluarga (asli + 1 fotocopy)
4. Surat Keterangan Pernah Bekerja dari kantor yang jht-nya mau kita klaim (asli + 1 fotocopy)
5. Kalau kita mau dana-nya di transfer, berarti kita juga copy-kan halaman depan buku tabungan (pastikan copy-annya jelas, kalau enggak nanti salah transfer bisa gagal)

Setelah lengkap, semua itu di klip jadi satu sama satpamnya. Terus kita berikan nomor urut dan di berikan 2 jenis form yang harus kita isi (simple kok hanya keterangan dan pernyataan saja --> disini materai dibutuhkan). Setelah nomor urut kita di panggil, tinggal datang deh ke loket petugas-nya (seperti teller di bank) untuk di verifikasi. Mbak-nya juga cantik2 jadi-nya tambah nyaman deh klaim-nya... hehehe...

Yang asli hanya untuk diperiksa saja kok dan akan dikembalikan kecuali Kartu Jamsostek asli akan di ambil. Kita bisa sambil tanya berapa saldo kita kok. Karena saya minta-nya di transfer, terus dibilang deh sama mbak-nya dalam seminggu akan di transfer. Ternyata benar kurang dari seminggu sudah masuk transferannya. Oh iya btw di potong pajak ya, kalo punya saya dipotong sekitar 5%-an dari 69juta saldo diterimanya 66juta (gak tahu apakah berlaku sama untuk semua atau tergantung dana-nya).

Akhirnya jadi deh beli lemari baju buat Olga... horeeeee... :)

Bapaknya Olga

No comments: