Tuesday 8 December 2009

Uji Emisi Mobil


Akhirnya... mobil-nya Olga sudah di uji emisi dan dapet buku keterangan lolos uji emisi + sticker-nya deh di Honda Tendean. Ternyata masa berlaku lolos uji emisi hanya 6 bulan. Jadi nanti bulan Juni 2010 harus di uji emisi lagi deh. Gak papa... 6 bulan sekali demi bumi yang hijau :)

Untuk biaya-nya gak mahal kok hanya Rp. 75,000-an. Kalau berlaku 6 bulan atau 180 hari berarti biayanya Rp. 417 / hari. Hanya sepersepuluh harga 1 liter bensin. Tapi moga2 sih ke depan kalau sudah lebih massal dan rutin harganya bisa lebih diturunin lagi :)

Sekarang tinggal pinter-pinter jaga kondisi mobil deh biar kadar emisi gas buang-nya tetap bagus sampai masa uji berikut-nya... Untuk sticker, kayaknya kalau 6 bulan sekali ganti, kasihan kaca film windshiled mobil deh, pasti rusak. Jadi gak usah ditempel gak papa kok as long as terlampir rapih di "Buku Keterangan Memenuhi Ambang Batas Emisi" dari BPLHD Provinsi DKI Jakarta.

Harapannya sih semua kendaraan yang beroperasi di Indonesia harus lolos uji emisi dan ketentuan hukum-nya diberlakukan dengan sungguh-sungguh (bukan jadi ajang cari duit semata oleh oknum2). Dan berlaku untuk mobil dan motor. Ini mengingat Indonesia negara terpolusi udara-nya di asia tenggara. Tinggal di permudah saja proses untuk mendapatkannya.

Masukkan saja, sekarang uji petik emisi kendaraan baru dilakukan di DKI Jakarta saja. Dan bengkel2 yang ditunjuk hanya ada beberapa bengkel saja di dalam wilayah Jakarta. Padahal, mungkin 60% kendaraan yang masuk Jakarta itu berasal dari daerah2 penyokong di Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya. Nah kan repot juga kalau orang2 yang tinggal di daerah2 situ mesti bela2in ke Jakarta hanya untuk nyari bengkel yang bisa mengeluarkan sertifikat dan sticker lolos uji emisi. Hehehe... Kalau bisa sih semua bengkel resmi ATPM WAJIB bisa menyediakan uji emisi. Selain mempermudah, kan bisa saja orang2 di luar Jakarta juga ingin ikut menyegarkan udara Indonesia tercinta ini. Hehehe...

For green earth, for Olga, and for future generation... :)

Bapaknya Olga

No comments: