Friday 25 November 2011

ACLASTA Infus untuk Postmenopausal Osteoporosis

Dari hasil pemeriksaan rontgen melalui dokter spesialis tulang, ternyata eyang putri-nya Olga telah mengalami perapuhan (osteoporosis) tulang punggung di ruas bagian pinggang. Masalah ini lumrah terjadi di kalangan perempuan yang sudah berada pada tahap menopause.

Dan karena perapuhan tulang ini beresiko patah (risk of fracture), dokter menyarankan agar eyang diberikan injeksi obat yang namanya ACLASTA (zoledronic acid). Awalnya sih kita manggut2 saja ketika dokter menyebutkan obat ini, sampai akhirnya dokter menyebutkan harganya.

Kalau beli di rumah sakit harganya Rp. 6,500,000 per 100mL (5 mG). Lalu kalau beli di luaran, harganya berkisar antara Rp. 5,300,000 - 5,500,000 per 100mL (5 mG). Waakkssss??? Mahal banget...

Akhirnya kita putuskan untuk hunting obat saja dahulu (lumayan bisa hemat 1 - 1,2 jt). Dan ternyata memang susah sekali mencari obat ini. Ya ampuunnn... Kita harus keliling-keliling apotik door to door untuk mencari obat ini yang akhirnya kita bisa dapatkan di salah satu apotik di seputaran Tomang.

Obat ini akan berlaku selama satu tahun sebelum eyang harus di-injeksi lagi (moga-moga nanti obatnya masih ada). Obat ini harus dibawa dalam suhu dingin tidak beku (ukuran kulkas bawah), karena rentan rusak kalau tidak dalam suhu dingin. Untung apotiknya punya es yang bisa diminta untuk membalut obatnya.

Waktu tiba di rumah sakit, pemberian obat ini ternyata melalui infus. Jadi eyang diinfus dahulu dengan cairan infus biasa satu kantong, lalu dimasukkan Aclasta, lalu diinfus lagi pakai infus biasa satu kantong. Kata dokter sih untuk membantu mendorong obat-nya ke dalam aliran darah.

Kalo dibayangkan, pasti banyak sekali perempuan yang mengalami Postmenopausal Osteoporosis yang beresiko patah. Kenapa obat ini mahal sekali ya?? Trus susah pula mencarinya.. Bagaimana dengan saudara-saudara yang ada di luar Jakarta?? :(

Kalau ada saudara-saudara yang mencari obat ini mungkin saya masih bisa bantu-bantu. Hanya saja tidak bisa dikirim, harus diambil. Soalnya harus dibawa dalam termos dingin atau dibalut es, dan tentunya tidak bisa lama-lama (atau es-nya keburu cair).

Memang sehat itu mahal...

Bapaknya Olga dan Ivo

2 comments:

Unknown said...

selamat siang ,kebetulan saya baca blog ini .untk mendapat obat ini dimana yah pak
Terima kasih atas bantuannya

Yelli Sustarina said...

Bersyukurlah kita yang masih diberi kesehatan ini